Sabtu, 05 Desember 2009

Roman Historical series by Eri Kawamura



Salah satu manga yang saya ikuti sekarang (sampai daftar ke toko buku terdekat untuk disms setiap seri barunya keluar.. ^^) adalah manga roman-historical series buatan mangaka Eri Kawamura, terbitan m&c (semoga benar nama penerbitnya...)

Hal pertama yang membuat saya tertarik adalah genre ceritanya yang mencoba mengangkat kisah-kisah percintaan dengan latar belakang sejarah Jepang pada era shogun. Minimal bisa menambah pengetahuan saya mengenai nama-nama shogun yang terkenal di Jepang

dan peristiwa-peristiwa penting lainnya di masa pemerintahan mereka. Hal lain yang menarik dari komik-komik seri ini adalah art (gambar) yang cukup bagus (terutama bagi para penggemar komik shoujo). Detail kostum kimono atau bangunan jaman dulu juga cukup enak dilihat. Plot-plot cerita juga cukup bervariasi, ada yang bertema dongeng, tragedy, happy ending, intrik perjodohan dalam keluarga bangsawan dan sebagainya.

Komik-komik ini dapat dibaca secara terpisah karena isinya berupa kumpulan-kumpulan cerita (tipikal komik favorit saya yang tidak memerlukan waktu lama untuk menunggu-nunggu seri berikutnya ^^). Hanya satu hal yang sedikit mengangganggu kenikmatan saya dalam membaca komik-komik seri ini, yaitu masalah nama dan hubungan para tokohnya. Pada beberapa cerita terdapat tokoh-tokoh yang saling berhubungan. Itu membuat saya terpaksa harus balik ke cerita-cerita sebelumnya sekedar mendalami hubungan tersebut. Sebetulnya itu bukan maslah krusial karena kita masih bisa menikmati plot cerita tanpa harus mengingat apa hubungan tokoh di cerita A dengan tokoh di cerita B. Sayangnya rasa penasaran dan ingin tahu yang besar membuat saya tidak bisa tidak untuk kembali ke halaman berikutnya. Nama-nama tradisional Jepang juga bukan sesuatu yang mudah diingat (terutama oleh saya ^^). Butuh usaha tersendiri untuk tetap mengingat nama-nama para karakter dalam kepala.

Tapi terlepas dari itu semua, bagi yang suka komik sejarah dan kisah roman (dengan cerita yang agak njlimet) berartwork lumayan manis (terutama penggemar baju tradisional Jepang), komik seri sejarah buatan Eri Kawamura ini cukup seru untuk diikuti.

Bagian paling saya suka :

cerita-cerita yang berlatar belakang dongeng Jepang macam, legenda jembatan sungai Sanzu, kisah para peri hutan dan dewa-dewa yang menyamar jadi manusia.

Oh, ngomong-ngomong soal komik, hasil browsing barusan saya menemukan blog khusus review dan obrolan tenang komik (terutama yang beredar di Indonesia). Sayangnya ditulis dalam bahasa Inggris. Tapi lumayan juga untuk diikuti ..^^

http://www.huamulan03.blogspot.com


Selamat browsing ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar