Selasa, 17 Agustus 2010

Adaptasi Kisah yang Manis



Judul : Moga Bunda Disayang Allah
Penulis : Tere-Liye
Penerbit: RepubliKA
Halaman : 246

Kisah hidup Hellen Keller, penulis Amerika Serikat yang mengidap buta-bisu-tuli seolah sudah menjadi legenda di seluruh dunia. Perjuangan Heller yang dibantu oleh gurunya yang bernama Anne Sullivan demi keluar dari segala keterbatasan untuk hidup dan menikmati paendidikan setara dengan mereka yang tidak memiliki keterbatasan indera telah menginspirasi jutaan manusia di dunia. Kerja keras dan nilai pantang menyerah menjadi teladan tidak hanya bagi mereka yang memiliki keterbatasan indera, namun juga mereka yang memiliki indera normal dan utuh.

Hellen Keller adalah bayi normal ketika dilahirkan. Pada usia 18 tahun dia terserang skarlatina (scarlett fever) yang lantas mematikan indera penglihatan dan pendengarannya. Hellen perlahan mulai mengalami kebisuan. Dalam dunianya yang sunyi dan gelap Hellen tumbuh menjadi liar. Orang tuanya yang yakin kecerdasan Hellen tidak berkurang beranggapan masih ada harapan untuk mendidik Hellen. Annie Sullivan, lulusan dari Parkin School for blinds (sekolah untuk orang buta) dikirim sebagai guru privatnya.

Perjuangan Annie Sullivan untuk mendidik Hellen tidak bisa dibilang mudah. Dia melalui minggu pertama dengan sebuah ”pertarungan” sengit demi membiasakan Hellen makan dengan garpu dan duduk di kursi. Hasilnya Hellen berhasil dibiasakan, namun Anne harus merelakan dua gigi depannya tanggal. Selanjutnya Anne mencoba mengajarkan bahasa isyarat dengan menuliskan simbol-simbolnya pada telapak atngan Hellen. Hellen awalnya menganggap itu sebagai permainan kombinasi huruf yang mengasyikan. Dia menghafal semua kombinasi kata namun sama sekali tidak berpikir kalau kata-kata tersebut ada wujudnya. Baru setelah Annie membawa Hellen kebawah pompa air dan mengalirkan air terus-menerus ke tangan Hellen sambil berulang kali menuliskan kata w-a-t-e-r pada telapak tangannya, gadis itu mulai mengerti kalau setiap wujud di dunia memiliki nama, dan cairan dingin menyegarkan yang kini mengaliri tangannay adalah air (water). Setelah itu Hellen memulai petualangan barunya menyingkap dunia ilmu pengetahuan dan menyambung inderanya kembali pada peradaban manusia.

Kisah hidup Hellen Keller adalah legenda abadi. Ceritanya telah banyak dituangkan dalam berbagai media. Buku biografi, komik, film, drama. Miracle of Works adalah film mengenai Hellen Keller yang paling terkenal saat ini. Cerita dan tulisan Hellen telah banyak diterjemahkan dan diadaptasikan dalam berbagai bahasa. Salah satu adaptasi kisah yang cukup manis adalah pada novel ini, Moga Bunda Disayang Allah.

Kisah novel ini dituturkan dengan manis dan mengalir melalui bahasa lugas dengan deskripsi yang menis. Menggunakan setting sebuah kota kecil di pinggir pantai, penulisnya mencoba menggambarkan perjuangan seorang gadis kecil bernama Melati yang merupakan adaptasi dari sosok Hellen Keller. Pemuda pendidik anak-anak bernama Karang dipilih sebagai sosok guru yang kemudian datang membantu Melati menemukan kembali cahaya pengetahuannya. Secara garis besar, plot cerita tidak jauh berbeda dengan kisah besar Hellen Keller, meskipun penulis mencoba membuat selingan plot kecil mengenai masa lalu dan kisah cinta Pak guru Karang dengan dokter Kinasih, atau plot mengenai sikap orang tua Melati atas Karang dan sejumlah plot kecil lain. Namun demikian, mungkin karena penggunaan bahasa yang lebih familiar dan detail cerita yang lebih manis, kisah ini jadi lebih mudah diikuti dan dipahami.

Disamping itu, deskripsi dan narasi yang dituangkan dalam buku ini juga membuat saya betah untuk menikmati lembar-demi lembar kisahnya. Walaupun di beebrapa sisi terasa klise, tapi novel ini tetap saja terasa enak untuk dibaca. Meskipun di beberapa bagian terdapat kalimat non baku yang (seolah) muncul untuk melucu, tetap saya kenikmatan membaca keseluruhan cerita ini tidak berkurang.

Novel ini termasuk salah satu yang berhasil saya selesaikan dengan singkat. Bahasanya ringan dan plotnya limayan bisa ditebak. Mungkin bagi pembaca yang berharap kisah manis mengharukan dengan plot yang orisinal dan fresh, novel ini bisa sedikit membuat kecewa. Tapi bagi mereka yang sekedar mencari bacaan ringan penggugah inspirasi, novel ini bisa dijadikan salah satu pilihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar